Kader PKK Desa Nagreg Kendan mewakili Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten 2019

Admin Desa | 26 Juni 2019 02:55:55 | Berita Desa | 91 Kali

Senin, 24/06/2019 Penilaian Lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Bandung dilaksanakan pada pukul 09.00 WiB – Selesai oleh Tim penilaian dari Kabupaten dan Dinas Kesehatan Kab. Bandung serta Puskemas.

Posyandu merupakan salah satu bentuk upaya kesehatan  bersumber daya masarakat, dari masyarakat, oleh masarakat,  untuk masyarakat dalam menyelenggarakan pembangunan kesehatan , guna memberdayakan masyarakat dan memudahkan dalam memperoleh pelayanan kesehatan agar mencapai masyarakat yang sehat.

Seluruh kader dan desa antusiasnya sangat tinggi untuk meningkatkan kesehatan masyarakatnya. Hal ini dibuktikan oleh keaktifan kader dalam membina posyandu di desa tersebut.

Dengan diadakannnya lomba Posyandu ini dapat meningkatkan kepedulian seluruh lapisan masyarakat di kecamatan  masing-masing sehingga keberadaan posyandu akan meningkat kinerjanya serta meningkat cakupan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat sehingga tercapai tujuan akhirnya untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat dalam rangka nenurunkan AKI dan AKB.

Pos Pelayanan Terpadu atau yang lebih dikenal dengan Posyandu di Kecamatan Nagreg Khususnya di desa Nagreg Kendan ditantang untuk menunjukkan kemampuan dan juga inovasinya dalam lomba Posyandu Tingkat Kabupaten Tahun 2019.

Penjurian untuk Posyandu yang mengikuti lomba ini dimulai bulan Awal Tahun 2019 dengan berkunjung langsung ke Posyandu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan hingga bulan Juni 2019. Kemudian dari penilaian tersebut, tim juri akan menentukan siapa yang menjadi Posyandu terbaik dalam pelaksanaan Lomba Posyandu Tahun 2019 ini. Untuk Desa Nagreg Kendan sendiri ditunjuk lah Posyandu DAHLIA 12 Kp. Cigalumpit RW12 untuk menjadi perwakilan.

Nantinya, para pemenang akan mendapatkan penghargaan berupa uang pembinaan, selain itu pemenang juara pertama dalam lomba ini juga akan mendapatkan penghargaan dari Buapti Bandung.

Dalam penilaiannya, tim juri akan melakukan penilaian yang meliputi lima indikator, yakni yang pertama adalah Administrasi Posyandu yang terdiri dari kelembagaan Posyandu, pengelolaan Posyandu, data kelengkapan administrasi, sarana peralatan dan administrasi, lalu yang kedua adalah Hari Buka Posyandu dan Kemampuan Kader yang meliputi mulai pendaftaran, penimbangan, pencatatan, penyuluhan serta kegiatan tambahan penunjang kesehatan.

Untuk indikator yang ketiga adalah Peran Serta Masyarakat Terhadap Hasil Kegiatan Posyandu dan Peran Tim Pokjanal Posyandu yang meliputi opini masyarakat tentang Posyandu yang bersangkutan, pembiayaan Posyandu, sumber daya dan sumber dana, pendataan hasil kegiatan, pendataan bayi, Balita dan Bumil di Posyandu, keberadaan Pokjanal Posyandu di tingkat kecamatan, dan kontribusi serta pembinaan yang telah dilakukan oleh Pokjanal.

Indikator keempat adalah Program Inovasi dan Pelayanan Posyandu, yang meliputi penilaian kehadiran tim Pokjanal Posyandu, penilaian inovasi Posyandu, penilaian program-program Posyandu, penilaian peran serta instansi terkait seperti Puskesmas, Petugas Lapangan Keluarga Berencana, dan inovasi Posyandu pada saat kunjungan penilaian.

Sedangkan indikator penilaian terakhir yakni Pembinaan Posyandu, seperti pembentukan Pembina, susunan dan peran Pembina Posyandu, serta kegiatan pembinaan.

 

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)

Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)

Nama
No. HP
Alamat e-mail
Komentar
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 

Info Media Sosial

Sinergi Program

Kabupaten Bandung Jawa Barat Mendagri
Kemendes Portal Desa

Peta Desa

Komentar Terbaru

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jl. Gunung Batu, Nagreg Kendan
Desa : Nagreg Kendan
Kecamatan : Nagreg
Kabupaten : Bandung
Kodepos : 40215
Telepon :
Email : desanagregkendan07@gmail.com

Statistik Pengunjung

Hari ini
Kemarin
Jumlah pengunjung